Cerita Anak Dono Warkop Ketika Masih Kecil Hingga Kuliah S3 di Swiss

Cerita Anak Dono Warkop Ketika Masih Kecil Hingga Kuliah S3 di Swiss

Tidak banyak yang tahu bila sosok yang sering dibully dalam film-film Warkop DKI, Dono, pernah bekerja juga sebagai seseorang Dosen Sosiologi di FISIP Kampus Indonesia. Juga sebagai seseorang lulusan UI, Dono juga nyatanya memprioritaskan pendidikan untuk ketiga putranya, Andika Aria Sena, Damar Mutakhir Wicaksono serta Satrio Sarwo Trengginas.

” Ayah saya keras masalah pendidikan. Pendidikan ini nomer satu. Dia katakan, ‘Kalau kalian tidak masuk (perguruan tinggi) negeri, saya tidak ingin bayarin’. Kita berupaya agar masuk negeri, ” papar putra sulung Dono, Andika Aria Sena, di tempat tinggalnya lokasi Lenteng Agung, Sabtu 2 Januari 2016.

Tetapi, Andika mengakui bila adiknya, Damar Mutakhir Wicaksono, mempunyai hasrat yang tidak sama dari ke-2 saudara bahkan juga bapaknya. ” Namun yang beda ini adik saya si Damar. Ayah ini lulusan UI, saya UI serta adik saya yang paling kecil ini UI. Namun Damar malas masuk UI, dia milih UGM jurusan Tehnik Nuklir. Sepanjang kuliah di UGM, Damar tinggal dengan adiknya ayah yang kuliah di UGM. Keluarga ayah ini keluarga dosen, ” tuturnya.

Damar memanglah tampak lebih pandai dari ke-2 saudaranya. ” Semangatnya beda. Saya bila pagi ingin sekolah, yang bangunin saya ini ya Damar. Dia telah siap baru bangunin saya. Pulang sekolah bareng, saya segera main, Damar buat PR, ” kenangnya.

” Dia dahulu gemuk, dia bila mempunyai kemauan ini keras. Baru kurus cocok masuk UGM, bila ke UGM jalan kaki dari Sleman ke UGM. Pernah pingsan jadi. Bila main game, senantiasa tamat, ” lebih sang kakak.

Walau sang bapak yaitu seseorang pesohor yang namanya kekal sampai saat ini, mereka bertiga mesti banting tulang untuk menguber cita-citanya. Maklum, mereka ditinggalkan oleh ke-2 orangtuanya di umur yang masih tetap sangatlah muda.

” Ibu saya wafat th. ’99, usia saya 19 th.. Ayah ini wafat th. 2001, usia saya 21. Saya masih tetap kuliah, adik saya Damar masih tetap SMA serta Satrio SD. Sesudah ibu saya wafat, adik saya yang paling kecil ini telah tinggal dengan tantenya di Cinere, ” katanya.

Berjuang dengan keras, mereka bertiga juga pada akhirnya dapat penuhi hasrat mendiang ke-2 orangtuanya terlebih sang ayah. Andika bersukur ke-2 orangtuanya memberi nama sarat arti yang membawa doa untuk mereka seluruhnya.

” (Berhasil) Kemungkinan dari nama. Bila saya Aria, berarti pemimpin serta Damar Mutakhir ini penerang yang mutakhir, Satrio Trengginas, trengginas, ke mana saja telah pernah. Doa dari nama ini bener, ” tutupnya.

Meskipun tinggal terpisah, ketiganya masih tetap selalu berkomunikasi. Andika bersua dengan Damar pada peristiwa Th. Baru tempo hari. ” Th. baru tempo hari pulang, ketemu pak Indro. Masih tetap ngumpul, namun paling telephone, ” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*